Beranda > Gejala Alam > PEMANTAUAN GAS RUMAH KACA

PEMANTAUAN GAS RUMAH KACA

Pemantauan konsentrasi gas rumah kaca (CO2, CH4, N2O dan SF6) di Stasiun GAW-Bukitkotobang, Sumatera Barat merupakan salah satu dari jaringan pemantauan Global Atmosphere Watch (GAW). Pemantauan ini sangat bermanfaat untuk memperoleh data dan informasi mengenai konsentrasi karbon dioksida dari daerah khatulistiwa (Indonesia). Hasil pemantauan menunjukkan bahwa konsentrasi CO2 di Bukitkototabang-Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan konsentrasi CO2 Mauna Loa (USA) maupun dengan konsentrasi rata-rata global dunia.

Pengukuran konsentrasi gas rumah kaca (CO2, CH4, N2O dan SF6) di GAW-Bukitkototabang menggunakan metoda sampling dengan peralatan AirKit Flask Sampler. Analisis sampel dilakukan di laboratorium NOAA-USA. Hasil pengukuran konsentrasi CO2 dari tahun 2004-2009, menunjukkan adanya kecenderungan yang meningkat namun masih di bawah kadar rata-rata global dunia.

Hasil pengukuran konsentrasi methan (CH4) dari tahun 2004-2009, menunjukkan adanya kecenderungan kenaikan yang meningkat.

Hasil pengukuran konsentrasi Nitrous Oksida (N2O) dari tahun 2004-2009, menunjukkan adanya kecenderungan kenaikan yang meningkat.

Hasil pengukuran konsentrasi sulphur hexafluorida (SF6) dari tahun 2004-2009, menunjukkan adanya kecenderungan kenaikan yang meningkat.

Sumber : BMKG

Dari data diatas ternyata semuanya meningkat…jadi…mari kita lanjutkan usaha kita dengan sepeda

Kategori:Gejala Alam
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: